Skip to main content

Mengatasi Catridge Tinta Tidak Terdeteksi Pada Printer Canon

Salam, Selamat sore.
Bagi anda yang kesehariannya selalu berurusan dengan peralatan perkantoran, seperti menyusun laporan, membuat tugas kuliah, membuat skipsi, dan lain sebagainya. Mungkin terkadang kita memerlukan hardcopy atau data printout sebagai bukti fisik.
Namun apa jadinya kalau alat untuk print-out (printer) yang kita gunakan bisa berabe jadinya, apalagi saat-saat kita dikejad deadline bisa berantakan kalau tidak terselesaikan hanya gara-gara printer yang ngadat. Seperti halnya yang saya alami dengan printer Canon IP 2770 yang mengalami masalah dengan tintanya. karena printer Canon IP 2770 ini masih menggunkan tinta injek alias suntikan, maka masalah ini sering muncul. Masalahnya pada Printer Canon IP2770 adalah Catridge (dibaca "KATRID", tempat penampungan tinta) yang tidak terdeteksi saat selesai mengisi ulang tinta atau saat-saat tertentu jika sedang ngadat. Karena salah satu catridge atau mungkin keduanya tidak terdeteksi oleh printer sehingga menyebabkan error dan membuat proses print out terganggu, jadi gak bisa print dech..!!
Biasanya printer akan mengeluarka pesan pop-up untuk meberitahukan masalh tersebut dengan memberikan pesan "The following ink has run out. Color <CL-811> atau Color <BK-810>. Replace the ink catridge and close the cover. if bla-bla bla-bla bla bla...." dan seterusnya sampai selesai.
Adanya masalah ini mungkin kita sering bertanya "Ada apa ini?" padahal tinta dalam catridge masih banyak  bahkan baru saja isi ulang dan tidak ada masalah, tapi kok gak ke detec catridgenya ? apa mungkin rusak, atau ..? 

Wah, Jangan panik dulu, apalagi buru-buru ganti Catridge tintanya. mengingat harga catridge Canon yang lumayan mahal, mending kita cari solusi dulu. Nah, disini kita punya penyelesaian masalahnya. Untuk masalah Catridge Canon yang tidak terdeteksi baik yang warna ataupun yang hitam, oke langsung kita bahas.

Untuk masalah catridge  yang tidak terdeteksi pada printer canon silahkan bisa coba cara-cara berikut.

1. MEMBUKA DAN MEMASANG KEMBALI CATRIDGE
Salah satu faktor yang menyebabkan catridge printer canon tidak terdeteksi bisa jadi karena catridge yang baru saja kita ini ulang kurang pas saat memasangnya kembali, hingga menyebabkan catridge tidak terdeteksi dengan baik. Nah untuk solusinya kita harus coba membuka cartidge tersebut dan memasangnya kembali, pastikan catridge tersebut sudah terpasang dengan baik. Setelah selesai, tutup cover printernya dan silahkan coba untuk print document kembali.

2. MEMBERSIHKAN TINTA YANG BLEPOTAN PADA CATRIDGE.
Kalau sudah coba membuka catridge dan memasang nya kembali karena dikhawatirkan pemasangan yang tidak pas seperti yang di ulas pada point satu (1) diatas. Tapi kok kenapa masalah "ink catridge has run out" atau catridge tinta pada printer ini masih belum terselesaikan, Nah disini kita masih ada solusi lain.
Selain karena pemasangan yang tidak tepat, kemungkinan masalah ini karena keadaan catridge yang kotor oleh sisa-sisa tinta saat isi ulang, atau mungkin karena banjir tintanya (kayak sungai aja :D), hingga menyebabkan sisa-sisa tinta tersebut mengotori catridge dan menyebabkan tidak terdeteksi oleh printer, nah untuk problem seperti ini troubleshoot problem (pemecahan masalahnya) kita harus mebersihkan catridge terlebih dahulu.
Silahkan buka Cover Printer dan ambil catridge yang bermasalah, bersihkan Catridge dari tinta yang nempel pada catridge hingga bersih. Awas, hati-hati saat membersihkan catridge tersebut, usahakan menggunakan tisu atau kain yang mempunyai tekstur yang lembuuut. takut rusak, beli lagi mahal !, hehe.
Setelah dianggap sudah bersih, silahkan pasang kembali dengan benar pada tempatnya. tutup kembali covernya dan silahkan mencoba untuk ngeprint dokument lagi, kalo masih belum bisa silahkan malihat solusi pada point 3.


3. MENEKAN TOBOL "RESUME".
Kalau percobaan penyelesaian masalah sudah dicoba seperti pada poin 1 dan 2, tapi printer masih saja terjadi error dan mengeluarkan pesan bahwa catridge tidak terdeteksi.
Masalah tidak terdeteksinya Catridge Tinta pada printer canon ini bisanya selain menampilkan pesan berupa popup juga ditandai dengan Blinking (berkedip-kedip) lampu kuning pada tombol "RESUME". Nah, kalo memang sudah dicoba penyelsaian diatas, tapi masih tetap saja. sekarang kita menuju pada solusi terakhir.
setelah mebersihkan dan  memasang dengan baik catridge, jika lampu kuning pada tombol "RESUME" tetap berkedip, berarti masalah ini belum selesai, tahap terakhir agar fix adalah dengan cara "Menekan tombol resume tersebut selama kurang-lebih 5 (lima) detik" baru kita lepaskan. Hal ini mungkin ditujukan untuk mengkonfigurasi dan memberi tahu printer bahwa telah ada pemasangan catridge baru pada printer.
Setelah tombol dilepas, biasanya lampu "resume" sudah tidak berkedip lagi. Bisa dipastikan catridge sudah terbaca dan terdeteksi dengan baik oleh perangkat printernya. Silahkan tutup cover printernya dan coba print dokumet kembali.

Sekian semoga bermanfaat dan semoga berhasil, kalo ada pertanyaan atau point yang tidak difahami, silahkan sampaikan melalui komentar. Admin akan menanggapi dengan baik. 
Salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar