Skip to main content

Kenapa Gak Bisa Scan QR Code Pada Whatsapp Web

Halo sahabat pengunjung, Pengguna whatsapp memang semakin marak, diberbagai kalangan, instansi, pelajar, mahasiswa, karyawan dan berbagai lini masyarakat sudah sangat akrab dengan media komunikasi whatsapp. Feedback dari pihak pengembang Whatsapp pun semakin dimutakhirkan demi kenyamanan penggunanya, salasatunya munculnya trobosan "Whatsapp Web" yang memungkinkan pengguna menggunakan komunikasi whatsapp dari desktop PC / komputer / Laptop atau notebook, yang tidak melulu harus diakses dari aplikasi dari smartphone, namun dengan catatan Akun Whatsapp pada ponsel dalam keadaan aktif dan terkoneksi dengan internet.

Oya, bagi sahabat pembaca yang mungkin belum tau tentang "Apa sich whatsapp web itu?" mari kita simak penjelasannya;

PENJELASAN APA ITU WHATSAPP WEB ?


Dikutip dari sumber bantuan "Faq Whatsapp" tentang pengertian dan penjelasan Whatsapp web, bahwa : "WhatsApp Web adalah ekstensi dari akun WhatsApp pada telepon Anda. WhatsApp Web terhubung ke telepon Anda untuk mensinkronisasikan pesan-pesan, sehingga Anda dapat melihat pesan-pesan tersebut baik di web maupun di telepon. Persyaratan pertama untuk dapat menggunakan WhatsApp Web adalah sebuah akun WhatsApp aktif di telepon Anda". 
Nah, dari penjelasan singkat tersebut bisa dibayangkan apa dan bagaimana Whatsapp Web itu

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN DAN MENYAMBUNGKAN WHATSAPP WEB ?


Caranya sangat gampang, pastikan kedua perangkat terkoneksi dengan internet (Smartphone yang terinstall Aplikasi Whatsapp (WA) dan PC / Laptop )
  • Buka browser pada Komputer / Laptop (Disarankan menggunakan Chrome) lalu menuju alamat https://web.whatsapp.com, maka akan muncul QR code / Barcode untuk di scan / pindai.
  • Buka Aplikasi Whatsapp pada smartphone kamu dengan akun yang sudah aktif dan online. Tap / Klik opsi menu titik tiga pada bagian kanan atas, lalu pilih "Whatsapp Web" disana akan ada sedikit kiat atau tutorial singkatnya, lalu pilih saja, "Oke Saya mengerti" Kamera pemindaipun akan terbuka.
  • Arakhan kamera pada QR Code / Barcode. posisikan kamera tepat didepan layar komputer agar gambar jelas dan mudah tertangkap kamera ponsel. jika berhasil browser akan memuat ulang (reload) dan menampilkan isi Whatsapp akun kamu persis seperti pada aplikasinya, dan kamu pun bisa melakukan apapun sama seperti pada Aplikasi WA. Namun dengan catatan kedua perangkat tetap terkoneksi dengan jaringan internet.
Untuk Whatsapp web sendiri banyak yang menemukan masalah pada saat mengoneksikan komputer dengan ponsel, lebih tepatnya kendala saat proses Men-Scan atau memindai QR Kode dari halama Whatsapp web dengan Kamera pada Hp / Ponsel. hmm.. Apa ya penyebabnya?? berikut akan sedikit saya ulas :

PENYEBAB TIDAK BISA SCAN KODE QR DI WHATSAPP WEB.

Dari beberapa sumber yang saya baca, dan hal ini saya alami sendiri. Whatsapp Web tak semuanya dengan mudah bisa menikmatinya, meskipun dengan aplikasi terbaru dan koneksi stabil, kode QR tak bisa terbaca pada Ponsel, lalu apa sich penyebab nya, berikut adalah beberapa kendalanya :
  1. Kecerahan Monitor Komputer dan Lensa Kamera Kotor, Ini bisa jadi kendala tidak bisa tersambungnya whatsapp web, so tau donk apa yang harus dilakukan untuk mengatasi problem seperti ini??
  2. Kualitas kamera yang rendah (jelek). Ini jelas mempengaruhi proses pemindaian (scanning), karena ponsel tidak dapat menerima bentuk QR dengan sempurna, sehingga data yang diterima atau informasi dalam kode tersebut tidak terbaca. Gimana ya mensiasatinya ?? #Bingung 
  3. Layar Ponsel Dibawah 4 INCHI (.inc). Dari beberapa sumber mengatakan whatsapp web tidak mendukung layar dibawah ukuran 4 In. Sedih memang pengguna Hape jadul seperti saya jadi sakit hati akan aturan ini, Layar dibawah 4 inchi kesulitan untuk akses whatsapp web karena tidak bisa memindai QR kode. :-(
Nah, itulah penyebab sulitnya menggunakan Whatsapp web yang saya pernah alami pada saat memindai QR code dengan kamera hape jadul. Saya pun, sedang mencoba untuk memecahkan penyebab dari point  2, dan 3 diatas. jika sudah ada pemecahannya, Insyaallahsegera saya buat tutorialnya.


Sekian Untuk Informasi kali ini, semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah menyimak hingga selesai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar