ASAL USUL DAN SEJARAH NAMA GOOGLE

"Asal-Usul dan Sejarah Nama Google"
Sahabat Sosmeder..! Hari gini gak kenal sama google, Kemana aja.? hehe. Pastinya dong semua pasti sudah pada kenal bahkan ada istilah "Satu hari gak ketemuan sama si om Google, kurang piknik tuh !" hingga bahasa googling sudah hampir bisa menggantikan kata Searching karena ketenaran sang google. Gak usah ngomongin di kalangan pelajar, mahasiswa atau anak IT. 

Zaman sekarang tukang ngagon itik, atau orang pedesaan sekalipun udah gak asing dengan keberadaan google. Nah, biasanya orang-orang di kita hanya tahu nama saja dan jarang yang tahu makna dan sejarah dibalik nama tersebut. yuk, kita tengok sejarah google. Namun yang akan kita bahas seputar Namanya dulu, yaitu "Asal-Usul dan Sejarah Nama Google"
Google adalah nama yang digunakan untuk mesin pencari di internet dibawah naungang perusahaan raksasa Google.inc dengan  Larry Page dan Sergey Brin sebagai pendirinya. domain Google.com resmi diregistrasi pada 15 September 1997 sebagai nama baru dan sebagai pengganti dari pendahulunya google yaitu "BackRub". BackRub berasal dari istilah "BackLink" sedangkan back link adalah sumber lalu lintas situs yang mengarah pada suatu alamat atau situs website.

Ambisi  Larry Page dan Sergey Brin untuk menciptakan mesin pencari untuk memudahkan para pengguna memperoleh hasil yang mudah dan akurat terus dikembangkan, hingga mengarah pada penggatian nama menjadi Google dan nama BackRub hanya menjadi kenangan.

Semua kata pasti ada maknannya, hingga terbesit dalam fikiran kita "Apa sebenarnya arti dari kata Google tersebut?"


Google Adalah istilah yang diperoleh dari pelesetan atau penyimpangan dari kata Googol. Googol adalah istilah matematika untuk menyebutkan nilai yang sangat besar dari angaka 1 (satu) yang diikuti oleh 100 angka NOL dibelakannya.  penggunaan nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. 


Berbagai sumber menyebutkan bahwa perubahan istilah GOOGOL menjadi GOOGLE mutlak sebuah kesalahan dan bukan dari faktor kesengajaan, namun menurut informasi yang terkumpul ada 2 spekulasi tentang kesalahan kata GOOGOL menjadi GOOGLE
Anggapan Pertama
perubahan kata Googol menjadi Google karena ketidak-sengajaan yang dilakukan oleh salah satu pendiri  Google  "Larry Page" saat mengetik ejaan Googol, dia malah menulis Google, namun menurut dia kata Google justru lebih menarik dan dia lebih suka dengan istilah itu. Hingga pada saat mendaftarkan nama domain  Larry Page tetap menggunakan kata Google bukan Googol.


Anggapan Kedua
Pengguanaan kata Google karena keterpaksaan mengikuti nama yang tertera dalam sebuah cek investasi dari investor. Saat google mulai bangkit dan membutuhkan dana yang tidak sedikit, para pendirinya kewalahan dalam mencari dana hingga mereka harus mencari investor untuk melanjutkan proyek mencari Googolnya itu. ada salah satu investor dan berminat  dan hendak berinvest dengan jumlah yang sangat besar, namun investor salah menulis nama Googol menjadi Google dalam cek tersebut. sehingga Larry Page dan Sergey Brin mentok dan mau tidak mau demi mencairkan cek tersebut harus menggunakan nama Google untuk perusahaanya.

Nah itulah dua kesalahan yang dianggap menjadi penyebab perubahan nama Googol menjadi Google, entah yang mana yang sebenarnya, karena dalam halaman sejarah Google pun mereka hanya mengatakan bahwa kata Google adalah sebuah kesalahan dari kata Googol tanpa menjelaskan sebab yang pasti perubahan tersebut.
Sekaian, Semoga bermanfaat

0 Response to "ASAL USUL DAN SEJARAH NAMA GOOGLE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel