Pengertian dan Sejarah Email (Surat Elektronik)

Artikel ini memuat informasi seputar pengertian dan penjelasan tentang Pengertian dan Sejarah E-mail / SUREL atau Surat elektronik beserta sejarah lengkapnya.
Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat ini, istilah email sudah tak asing lagi di berbagai kalangan pada saat ini, karena istilah dan penggunaan email hampir mutlak dibutuhkan, apalagi bagi orang yang suka bergelut di di dunia maya Internet, peranan email bak laksana sebagai kontak pokok dan identitas seseorang yang harus dimiliki di zaman sekarang ini, 

Karena kebanyakan bahkan hampir semua mesia sosial atau forum-forum menjadikan email sebagai sarat untuk bisa masuk dan dan bergabung dalam jaringan atau forum tersebut, namun sebelum banyak membahs tentang fenomena dan kegunaan emai di mas sekarang ini, ada baiknya kita menoleh sisi sejarah bagia mana email bisa terbentuk hingg sekarang ini.

PENGERTIAN E-MAIL (SURAT ELEKTRONIK)

Emai (e-mail) atau Electronic Mail yang berarti Surat elektronik adalah sebuah metode dan layanan pengiriman surat untuk mengrimkan pesan dalam format data elektronik dari suatu komputer kepada komputer lain melalui sebuah jaringan (misalnya internet). 
Email dapat mengirim beberapa jenis data dengan murah, seperti teks atau dokument, gambar, dan jenis dokument lainya yang bisa di sisipkan pada bagian attechment. jadi dengan adanya email pengiriman surat dapat dilakukan tanpa harus mengirimnya melalui kantor pos dengan perhitungan waktu dan biaya yang terbilang mahal.


Secara umum E-mail biasanya terdiri dari kombinasi username/nickname dan domain/host yang dipisahkan dengan tanda "@" yang berarti 'at' atau 'pada'. kobinasi tersebut kan tampak menjadi username@Host.domain atau contoh@email.com

SEJARAH TERBENTUKNYA EMAIL

awal sejarah email atau surat elektronik bermula tahun 1968 dengan lahirnya sebuah metode komunukasi jaringan ARPANET yang selanjutnya disebut Internet.
Sourced: http://history-computer.com
hingga tahun 1971 seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan melanjutkan sebuah program bernama SNDMSG yang digunakan untuk meninggalkan pesan dalam sebuah komputer, sehingga orang lain yang menggunakan komputer tersebut dapat mebaca dan melihat pesan tersebut, dia terus bereksperiment hingga dengan SNDMSG tersebut dapat mengirim sebuah pesan kepada komputer lain dengan menggunakan File Protokol bernama CYPNEY didalam jaringan ARPANET. 

Itulah awal mula diciptakanya emai. email pertama yang berhasil Ray kirim adalah sebuah pesan yang beriksikan sebuah kata "QWERTYUIOP". dan ini menjadi email pertama di dunia.

Pada tahun 1972, ray memperkenalkan seuah icon "@" sebagai sebuah identitas email yang memisahkan user dan domain pada sebuah alamat email.

Hingga sekarang penyedia email berbayar dan gratis kian banyak, dengan berbagai kemampuan dan kelebihan masing-masing.

Demikain pengertian dan sejarah singkat email.

0 Response to "Pengertian dan Sejarah Email (Surat Elektronik)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel